Essy Moestl


Leave a comment

Saw 4

Di bioskop sejak 7 Februari, ud lama nunggu akhirnya kemarin br kesampean nonton.
Saw 4 diawali dgn adegan otopsi Jigsaw, dmn ditemukan di lambungnya ada lagi2 tape recorder.
Detektif yg mendengarkan tape ini yg ternyata adlh “penerus” Jigsaw.
Meski penonton diajak mengira2 siapa sebenarnya penerus Jigsaw kali ini. Mulai dari ex-wife Jigsaw, atau sang pengacara.
Adegan sadisnya jg bener2 bikin merinding n gue sampe ga berani menatap layar.
Misalnya dmn ada 2 org, satu : kedua matanya dijahit n yg lain (si pengacara) bibirnya dijahit. Si pengacara ini berhasil lolos, n bibirnya dia buka paksa jd robek2 gitu …
Terus ada suami istri yg ditusuk n digantung barengan, dmn kl si istri mau hidup dia hrs cabut tusukan itu, yg jelas2 akan membunuh suaminya.
Juga cewe kriminal yg rambutnya ditarik pake mesin, sehingga kulit kepalanya ikut ngelupas.
Belum lagi adegan pemerkosa yg skrng terperangkap di alat yg dia bikin sendiri, matanya tercungkil n kaki tangannya kecabut dr badannya.

Inti dr Jigsaw kali ini adlh : jgn menolong org lain krn org lain itu dapat menolong diri mereka sendiri.
Pelajaran ini yg mau disampaikan Jigsaw kpd Detektif Rigg. Meski tetap aja si Detektif (krn jiwa detektifnya ?) nolongin semua korban yg terikat n disiksa Jigsaw.
Menuju ending, Detektif Rigg ini sekarat krn sebenarnya tanpa dia masuk ke gudang utk nyelamatin 2 org yg ditahan, mereka bs bebas sendiri pada waktunya (sesudah 90 menit).
Dan salah satu dr 2 org yg ditahan itu sebenarnya adlh penerus Jigsaw (detektif yg dengerin tape recorder Jigsaw, dmn Jigsaw bilang : ini permainan baru saja dimulai .. )

Yg jeleknya dr Saw 4 ini yg bikin gue keki adlh kenapa tetep pake judul Saw soalnya udah bukan si Jigsaw lagi .. Jigsaw ud mati n skrng tinggal penerusnya aja.
Gmn nanti kl penerus ini mati, n punya penerus lagi n punya penerus lagi, dst .. jangan2 sampe Saw 15 …
Di Saw 4 ini juga diceritain gmn asalnya Jigsaw jd psycho, yaitu gara2 babynya yg msh di dalam perut sang istri keguguran. Jd dia mau balas dendam.
Pembalasan dendam ini yg bikin mereka bercerai. Krn sang istri ga setuju dgn apa yg dilakukan Jigsaw (bagus tuh istri ga dibunuh ama Jigsaw ! .. )
Ending Saw 4 ini membuat kita ngeh akan munculnya lanjutan Saw 5 krn banyak hal2 yg msh jadi tanda tanya. Apalagi penerus Jigsaw masih berkeliaran.